Penumpang LRT Jabodebek bisa mendapatkan barang yang tertinggal di stasiun atau gerbang dengan menghubungi pihak terkait.

PT KAI Amankan 997 Barang Milik Penumpang yang Tertinggal di LRT Jabodebek

Nasional

JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (KAI) sudah mengoperasikan LRT Jabodebek secara resmi pada tanggal 28 Agustus 2023. Sejauh ini, LRT Jabodebek memiliki tiga lintas, yaitu Cibubur – Cawang, Bekasi Timur – Cawang, dan Cawang – Dukuh Atas.

Sejauh ini, LRT Jabodebek sudah mengidentifikasi dan mendokumentasikan sebanyak 997 kejadian pengguna yang secara tak sengaja meninggalkan barang­ barang pribadinya baik di atas rangkaian LRT Jabodebek maupun di stasiun. Kasus­-kasus temuan dan laporan yang tercatat mencakup berbagai macam barang. Seperti tas, perangkat elektronik, uang tunai serta uang elektronik, hingga aksesoris pribadi.

Baca juga :  Upaya Serius LPS dan MA Berikan Perlindungan dan Kepastian Hukum Kepada Nasabah

“Kami menyiapkan petugas yang siap untuk mengamankan dan memastikan barang penumpang tertinggal bisa dikembalikan kepada pemiliknya,” kata Manager Public Relations (Manager PR) LRT Jabodebek Mahendro Trang Bawono di Jakarta, Jumat (26/1/2024).

Secara berkala, lanjut Mahendra, para petugas LRT Jabodebek melakukan pemeriksaan pada area-area rangkaian LRT Jabodebek maupun di stasiun untuk memastikan tidak ada barang pengguna yang tertinggal. Selain itu, para petugas di rangkaian LRT Jabodebek maupun di stasiun juga mengingatkan kepada pengguna untuk menjaga barang bawaanya agar tidak tertinggal maupun berpindah tangan kepada orang lain.

Pada rangkaian dan stasiun LRT Jabodebek juga dilengkapi Closed-Circuit Television (CCTV), sehingga bisa merekam dan melakukan pemantauan komprehensif dan respons cepat terhadap setiap kejadian.

Bagi para pengguna yang kehilangan atau tertinggal barang di atas rangkaian LRT Jabodebek atau di stasiun, bisa melaporkan kepada petugas yang ada di rangkaian maupun di stasiun. Sedangkan untuk pengguna yang sudah tidak berada di dalam rangkaian maupun area stasiun, bisa melaporkan melalui Contact Center KAI pada nomor telepon 121, email layanan pelanggan cs@kai.id, atau media sosial KAI121.

Ditegaskan Mahendra, meskipun LRT Jabodebek mengambil langkah proaktif untuk mengatasi masalah ini, peran pengguna sangatlah penting. Pengguna diimbau bertanggung jawab atas barang bawaannya dan tetap waspada selama perjalanan.

“LRT Jabodebek mengimbau pengguna untuk waspada terhadap barang bawaannya dan memeriksa ulang sebelum turun dari rangkaian LRT Jabodebek atau meninggalkan lokasi stasiun,” pungkas Mahendro.(Heroe)

CCTV Closed-Circuit Television Contact Centre gerbong KAI LRT Jabodebek PT Kereta Api Indonesia rangkaian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts