Acara Closing Ceremony Kelas Barista dan Magang Sunyi Academy, hasil kerja sama PT Danamon Indonesia TBk dengan Sunyi Coffee dan Sunyi Academy..

Program CSR “Berbagi Dalam Sunyi,” 40 Kawan Difabel Sertifikat Kompetensi Barista oleh Danamon dan Sunyi Academy

Ekonomi

JAKARTA – PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) melalui D-Bank PRO #SelaluMenggoda bersama program Corporate Social Responsibility (CSR) Danamon Peduli telah menyelesaikan program CSR Berbagi Dalam Sunyi. Ini merupakan hasil kerja sama dengan Sunyi Coffee dan Sunyi Academy yang diselenggarakan dari Oktober 2023 hingga Februari 2024.

Tujuan program tersebut adalah membangun kemandirian kawan-kawan difabel agar mampu menyongsong masa depan yang lebih baik. Program ini terdiri dari beberapa elemen. Yakni, donasi, pelatihan finansial dan keterampilan, serta magang bersertifikat.

Baca juga :  LPS Bayar Klaim Simpanan Nasabah Perumda BPR Bank Purworejo Tahap Pertama

Acara penutupan dan penganugerahan sertifikat tanda selesai mengikuti program workshop dan magang ini dihadiri 40 peserta kawan difabel. Mereka terpilih dari lebih dari 300 pendaftar. Selama empat bulan, para peserta mengikuti rangkaian pelatihan yang dijalankan Sunyi Academy, yayasan yang bergerak di bidang pembinaan ketenagakerjaan industri kuliner untuk kawan difabel, dengan fokus pada tiga topik berkelanjutan. Yaitu, Pengenalan Menjadi Seorang Barista, Literasi Finansial, dan Pengenalan tentang Kopi.

Sebagai sebuah program CSR, Berbagi Dalam Sunyi diawali program donasi yang berlangsung dari Oktober sampai November 2023, di mana pada beberapa cabang Danamon seperti Pondok Indah Mall 2, Kelapa Gading 1, Matraman, Usman Harun, dan Kebon Jeruk Intercon, nasabah bisa membeli dan menikmati kopi dari booth Sunyi Coffee seharga Rp 1 dengan menggunakan QRIS D-Bank PRO. Melalui pembelian tersebut, nasabah otomatis berdonasi Rp30.000 buat kawan difabel yang membutuhkan.

Selama masa donasi, Danamon bersama Sunyi Coffee berhasil menjual lebih dari 3.000 gelas. Hasil penjualan tersebut didonasikan kepada Sunyi Academy untuk mendukung kelancaran dan kesuksesan pelaksanaan workshop bagi kawan-kawan difabel.

Sementara itu, sesi Pelatihan Kelas Barista dan Magang bagi kawan difabel berlangsung sejak Oktober 2023 hingga Februari 2024 di tiga tempat. Yakni, Kelapa Gading 1, Kebun Jeruk Intercon, dan Bekasi Juanda. Adapun batch terakhir atau keempat diadakan pada tanggal 26 Februari 2024 di Menara Bank Danamon tepat sebelum acara penutupan diadakan.

Dengan mengikuti Program Magang bersama Kopi Sunyi, diharapkan para peserta bisa langsung mengimplementasikan berbagai materi yang dipelajari selama mengikuti workshop. Usai menjalani program magang, para peserta mendapatkan sertifikat layak kerja yang diharapkan membantu kawan difabel mendapatkan pekerjaan yang layak di masa depan.

Dengan dukungan Danamon, kegiatan pelatihan Literasi Finansial yang diberikan pada para peserta mencakup perencanaan keuangan, pengelolaan keuangan, produk keuangan, dan menjadi bijak dalam penggunaan keuangan. Pembekalan materi Literasi Finansial ini diharapkan akan berguna dan menjadi bekal bagi para peserta kawan difabel dalam membangun masa depan yang lebih baik dan mandiri secara finansial.

“Danamon bangga mengumumkan kolaborasi dengan Sunyi Academy berjalan dengan lancar dan sukses, dengan jumlah transaksi lebih dari 3.200 dalam waktu dua bulan periode kegiatan donasi promosi Rp 1 dengan QRIS D-Bank PRO. Kami juga mengucapkan selamat kepada kawan-kawan difabel yang menyelesaikan seluruh rangkaian program dengan baik. Kami berharap, ilmu yang didapatkan akan berguna bagi mereka sebagai bekal menjadi Barista handal yang cerdas – bukan hanya ahli mengolah kopi, tapi juga cerdas secara finansial – sehingga mereka bisa menyongsong masa depan yang lebih baik dan bisa menjadi mandiri secara finansial. Ini sejalan visi Danamon untuk Peduli dan Membantu Jutaan Orang Mencapai Kesejahteraan,” kata Sustainability Finance Head PT Bank Danamon Indonesia Tbk Abdul Hadi, Senin (27/2/2024).

Daniel Darma Putra, salah satu peserta Program Berbagi Dalam Sunyi berterima kasih pada Danamon dan  Sunyi, karena selama sebulan lebih mendapatkan pengalaman mengasah diri menjadi seorang barista yang profesional, setara dengan barista lainnya.

“Saya berharap ke depannya, semakin banyak program-program seperti ini, sehingga kesempatan untuk pemberdayaan teman-teman difabel yang lain juga sama seperti yang kami dapatkan di sini,” imbuh Daniel.

Perwakilan dari Sunyi Coffee menyambut baik kerja sama yang dilaksanakan dengan Danamon dan berharap kegiatan serupa untuk membantu kawan-kawan difabel memperoleh masa depan yang lebih baik terus berlanjut.

“Kami berterima kasih atas dukungan yang diberikan Danamon sehingga program yang diadakan Sunyi Academy dan Sunyi Coffee berjalan dengan lancar. Terima kasih sudah memberikan kesempatan sehingga teman-teman peserta memiliki talenta sebagai Barista seperti sekarang. Saya senang karena mereka mendapatkan pelatihan tentang finansial, sehingga mereka bisa lebih waspada terhadap jebakan pinjaman online dan berbagai penipuan online yang banyak menargetkan teman-teman disabilitas. Mereka juga sekarang bisa menyimpan uang dengan pintar dan bijaksana. Kami berharap teman-teman difabel bisa  berkembang dan menjaga semangatnya agar kelak mereka bisa bekerja menjadi Barista di kafe atau di hotel, atau membuka coffee shop sendiri,” harap Mario Gultom, Ketua Yayasan Sunyi Harapan Indonesia. (Heroe)

barista Berbagi Dalam Sunyi bersertifikat corporate social responsibility CSR D-Bank PRO Danamon Danamon Peduli difabel donasi kerja sama keterampilan magang pelatihan finansial program PT Bank Danamon Indonesia Tbk Sunyi Academy Sunyi Coffee

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts