Kundha Kabudayan Kota Yogyakarta Hadirkan Pelatihan Pra-Kompetisi bagi Talenta Bahasa Sastra

YOGYAKARTA – Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kota Yogyakarta menggelar Pelatihan Pra-Kompetisi Bahasa Sastra tahap pertama. Pelaksanaan pelatihan tersebut dalam rangka menyiapkan telenta sastra Kota Yogyakarta dan dipusatkan di Taman Budaya Embung Giwangan Senin (27/5/2024) hingga Rabu (29/5/2024).

“Pelatihan ini untuk menyiapkan calon peserta Kompetisi Bahasa dan Sastra di Kota Yogyakarta agar lebih memperdalam materi dan praktik dalam mengikuti agenda kompetisi yang berlangsung rutin setiap tahunnya. Secara khusus panitia menghadirkan narasumber sastrawan dan praktisi yang berkompeten di bidangnya,” ungkap Kepala Seksi Bahasa dan Sastra Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kota Yogyakarta Ismawati Retno SIP, MA di Taman Budaya Embung Giwangan, Selasa (28/5/2024).

Baca juga :  Dinas Kebudayaan Hadirkan Pertunjukan Seni Macapat yang Merefleksikan Perjuangan

Ismawati meneruskan, pelatihan digelar untuk 15 cabang lomba. Yakni, maca cerkak untuk kategori anak, remaja, dewasa, maca geguritan untuk level anak, remaja, dewasa. Kemudian, macapat yang diperuntukkan kelas anak, remaja, dewasa, serta alih aksara Jawa bagi anak, remaja, dewasa. Berikutnya, sesorah remaja dan panatacara remaja, serta mendongeng umum.

Pelatihan tahap pertama tersebut diikuti 179 peserta. Mereka berasal dari warga dari 14 kemantren (kecamatan yang berada di Kota Yogyakarta) se-Kota Yogyakarta.

Pascalia Widiastuti, salah satu peserta Pelatihan maca cerkak dewasa mengungkapkan kepuasannya usai mengikuti pelatihan tersebut. “Luar biasa, di sini saya diajari dari awal teknik membaca cerita yang baik dan juga cara memperkuat  karakter tokoh. Saya merasa lebih siap untuk mengikuti kompetisi setelah mengikuti pelatihan ini,” ujar Pascalia.

Karena itu, ia berharap agenda pelatihan seperti itu bisa terus berlanjut bagi semua pecinta sastra di Kota Yogyakarta.

Sementara itu, Kepala Bidang Sejarah Permuseuman Bahasa dan Sastra Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kota Yogyakarta Andrini Wiramawati S.Sn mengatakan, pelatihan tersebut tidak hanya bertujuan meningkatkan kualitas peserta dalam kompetisi bahasa dan sastra. Namun, juga menjaga keberlanjutan dan keberagaman warisan budaya bahasa sastra Jawa bagi generasi mendatang.

Melihat antusias warga masyarakat Kota Yogyakarta yang berpartisipasi pada pelatihan di tahap pertama, Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kota Yogyakarta akan menggelar Pelatihan Pra-Kompetisi Bahasa Sastra Tahap Kedua. Semua itu untuk memberikan kesempatan yang lebih luas pada masyarakat Kota Yogyakarta agar mendapatkan bekal pemahaman, sebelum mengikuti kompetisi bahasa dan sastra.

Pelatihan tahap kedua akan dilaksanakan Senin (3/6/2024) hingga Rabu (5/6/2024) atau bulan depan. Bagi calon peserta yang tertarik untuk mengikuti pelatihan tersebut, bisa pendaftaran melalui link: bit.ly/DaftarPelatihanKompetisi. Nantinya, setiap orang diperbolehkan mendaftar lebih dari satu pelatihan yang waktunya tidak bersamaan. Untuk batas waktu pendaftaran terakhir adalah hari Sabtu (1/6/2024), pukul 12:00 WIB. Untuk informasi detail mengenai pelatihan dan kompetisi bahasa sastra Kota Yogyakarta juga bisa diakses melalui akun instagram @dinaskebudayaankotajogja. (Heroe)