Kesempatan War Takjil, Pelaku Pariwisata Lereng Merapi dan Forkom UMKM Hargobinangun Pakem Adakan Pasar Takjil Kaliurang #3

YOGYAKARTA – Menyemarakkan Ramadhan 1445 H sekaligus memeriahkan destinasi wisata Lereng Merapi saat menjelang berbuka puasa, Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman bekerja sama dengan para pelaku pariwisata Lereng Merapi dan Forum Komunikasi Usaha Mikro Kecil Menengah (Forkom UMKM) Hargobinangun Pakem menggelar Pasar Takjil Kaliurang #3. Rencananya, kegiataan itu, digelar selama tiga hari berturut-turut, mulai Jumat (29/3/ 2024) hingga Minggu (31/3/2024) di Tlogoputri Kaliurang Pakem Sleman Yogyakarta.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Ishadi Zayid, SH, rangkaian Pasar Takjil Kaliurang ini digelar mulai pukul 14.00 hingga 18.00 WIB dan terbuka untuk umum.

Baca juga :  Gandeng BPD DIY, Bawaslu Kota Yogyakarta Bersiap Menyalurkan Dana Hibah Pilkada 2024

“Event yang telah berlangsung tiga kali berturut-turut ini diharapkan mampu menggerakan sektor wisata, khususnya di kawasan Lereng Merapi selama momen bulan Ramadhan,” ungkap Ishadi di kantornya Dinas Pariwisata Sleman, Yogyakarta, Rabu (27/3/2024).

Lebih lanjut Ishadi menambahkan, pihaknya memberikan apresiasi yang tinggi kepada para pelaku pariwisata di kawasan Lereng Merapi dan UMKM Hargobinangun Pakem Sleman yang senantiasa mendukung penuh event ini. Harapannya, sinergitas, kolaborasi dan kerja sama yang baik tersebut terus dipertahankan dan ditingkatkan pada masa-masa mendatang guna memajukan sektor pariwisata di kawasan Lereng Merapi.

Berbagai kegiatan digelar selama Pasar Takjil Kaliurang #3. Di antaranya, pameran kuliner, pentas seni, lomba mewarnai kategori PAUD, TK & SD kelas 1-3.

Rencananya, Pasar Takjil Kaliurang akan dibuka Bupati Sleman Dra Hj. Kustini Sri Purnomo, Jumat (29/3/2024 mulai pukul 15.00 WIB. Saat acara pembukaan, juga akan ditampilkan atraksi seni tari dari Sanggar Tari Kembang Sakura dari Sendangadi Mlati Sleman. Di hari kedua, bakal dipentaskan Orkes Gambus dan Sufi. Adapun pada hari ketiga, panitia merencanakan penampilan Hendwi Band.

Ishadi juga menghimbau pelaku wisata tidak memanfaatkan momen libur lebaran untuk keuntungan sesaat. Di antaranya, menerapkan harga tarif parkir yang di luar kewajaran. Karena hal tersebut akan menorehkan citra yang kurang baik di mata wisatawan.

Sebagai tambahan, selama periode libur Lebaran 2024, dari tanggal 5 sampai 17 April 2024, Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman menargetkan jumlah kunjungan wisatawan sebanyak 450 ribu wisatawan.(Heroe)