Boulevard Universitas Negeri Yogyakarta.

Universitas Negeri Yogyakarta Gelar Bakti Sosial di Kalurahan Pengasih Kulonprogo

Kampus

YOGYAKARTA – Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menggelar bakti sosial di Kalurahan Pengasih Kulonprogo, Minggu (5/5/2024). Rangkaian Dies Natalis ke-60 Universitas Negeri Yogyakarta tersebut dihadiri Asisten Pemerintah dan Kesra Kabupaten Kulon Progo Drs. Jazil Ambar Was’an. Hadir pula, jajaran Pimpinan UNY, pemerintah desa (pemdes), dan masyarakat Kalurahan Pengasih Kulonprogo.

Lurah Pengasih Kulonprogo Haryono S.Pd. mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada UNY atas terselenggaranya kegiatan bakti sosial di Kalurahan Pengasih Kulonprogo. Ia juga menyambut baik kegiatan bakti sosial tersebut sebagai bagian dari pembentukan Program Kampung Emas UNY di Dusun Terbah dan Serut Pengasih, Kulonprogo.

Baca juga :  UPN "Veteran" Yogyakarta Gelar Ujian SNBT untuk 2.890 Calon Mahasiswa

“Kepada masyarakat Serut dan Terbah, monggo agar bisa memanfaatkan kesempatan ini dengan baik, meningkatkan kerja sama, dan mampu berpartisipasi aktif pada setiap programnya. Semoga kegiatan ini berjalan dengan baik sesuai apa yang diharapkan UNY dan memberikan kebermanfaatan bagi masyarakat di lingkup Kalurahan Pengasih Kulonprogo,” papar Haryono.

Sementara itu, Rektor UNY Prof. Sumaryanto mengatakan, maksud dari tujuan digelarnya acara tersebut adalah bagian dari komitmen dan pengabdian UNY dalam rangka Dies Natalis ke-60 UNY. Ia juga menyampaikan datangnya jajaran pimpinan UNY pada kegiatan ini sebagai bagian penjajakan dan langkah awal dari program kampung emas yang akan diselenggarakan selama satu tahun ke depan di Dusun Terbah dan Serut Pengasih.

Sumaryanto menjelaskan perihal kampung emas di Kalurahan Pengasih. Yakni, memiliki ciri tersendiri seperti Elok, Maju, Agamis, dan Sejahtera (EMAS).

“Dengan terselenggaranya Kampung Emas, UNY akan memprioritaskan Kalurahan Pengasih pada berbagai kegiatan. Seperti Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), penelitian, dan kolaborasi kelembagaan. Harapannya, hal ini bisa meningkatkan kualitas SDM dan memberikan kesempatan bagi warga Pengasih untuk berkembang dengan memanfaatkan fasilitas yang diberikan oleh UNY,” jelas Sumaryanto.

Sedangkan Asisten Pemerintah dan Kesra sekaligus Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kalurahan, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana Kabupaten Kulonprogo Drs. Jazil Ambar Warsan berterima kasih atas dedikasi dan pengabdian UNY kepada Kabupaten Kulonprogo. Jazil juga menyinggung perihal ekonomi yang semakin tumbuh berkat kehadiran UNY.  “Hadirnya UNY membuat ekonomi semakin hidup” ungkapnya.

Pada kegiatan tersebut, dilaksanakan penandatangan Memorandum of Agreement (MoA) antara Direktorat Riset dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNY Prof. Dr. Yudik Prasetyo dengan Asisten Pemerintahan dan Kesra Pemerintah Kabupaten Kulonprogo Drs. Jazil Ambar Was’an yang disaksikan Rektor UNY. MoA tersebut merupakan bentuk kerja sama dan integritas UNY dengan Pemerintah Kabupaten Kulonprogo.

Dalam bakti sosial tersebut, juga diserahkan paket pendidikan, literasi, dan paket tambahan bagi anak stunting, selain sembako.

Nasijem, seorang penerima bantuan mengaku senang bisa mendapat bantuan pendidikan bagi anaknya. Warga Derwolo ini senang diberi kesempatan membeli pakaian pada Bazar Saerah yang digelar Dharma Wanita Persatuan UNY. Selain bazar, UNY juga mengadakan kegiatan cek kesehatan gratis berupa layanan cek kolestrol dan gula darah oleh Fakultas Kedokteran UNY. Pada akhir acara, dilaksanakan pembagian berbagai doorprize bagi warga Pengasih yang ikut jalan sehat. Seperti sepeda, televisi, mesin cuci, vacum cleaner, hingga menthog. Door prize utama senam berupa kulkas dibawa pulang Ngaidi warga Terbah Pengasih.(Heroe)

bakti sosial dies natalis Dusun Serut Dusun Terbah Kalurahan Pengasih Kulonprogo Program Kampung Emas UNY Universitas Negeri Yogyakarta UNY

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts