Salah satu kampus Bina Sarana Informatika.

Bekali Mahasiswa BSI Explore 2023 dengan Pelatihan Wawasan Kebangsaan

Kampus

JAKARTA – BSI Explore 2023 merupakan kegiatan pembelajaran yang memberikan kesempatan pada mahasiswa-mahasiswi Universitas BSI (Bina Sarana Informatika). Tujuannya, agar mampu belajar di luar kampus.

Hal tersebut untuk melatih kemampuan dalam menyelesaikan permasalahan sebagai mitra guru di sekolah, menggali potensi desa, dan pemberdayaan masyarakat dan pemuda desa. Temanya adalah ‘Merajut Indonesia, Menginspirasi Negeri.”

Baca juga :  Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA Edukasi Pelaku Desa Wisata Tepus soal Digital Marketing

Salah satu rangkaian kegiatan BSI Explore 2023 adalah pembekalan atau pelatihan yang diberikan pada peserta BSI Explore 2023 yang dibagi ke dalam beberapa tahap. Salah satunya pelatihan wawasan kebangsaan yang disampaikan Ketua Program Studi Teknologi Informasi Universitas BSI Hendra Supendar. Pelatihan tersebut dipandu Riswandi Ishak dan dihadiri Ketua Pelaksana BSI Explore 2023 Ade Suryadi.

Ketua Pelaksana BSI Explore 2023 Ade Suryadi mengatakan, BSI Explore 2023 merupakan inspirasi dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Pembelajaran tersebut tidak harus dilakukan kampus secara formal.

“Juga bisa dilakukan dengan terjun langsung ke masyarakat untuk mengembangkan kemandirian dalam mencari dan menemukan pengetahuan melalui kenyataan dan dinamika lapangan seperti permasalahan riil, interaksi sosial, kolaborasi, manajemen diri, tuntutan kerja, target dan pencapaiannya. Para mahasiswa dibentuk hard skill dan soft skill-nya,” kata Ade, belum lama ini.

Ade melanjutkan, BSI Explore 2023 diselenggarakan di daerah-daerah pedesaan di sekitar Universitas BSI Kampus Bogor, Universitas BSI Kampus Bekasi, Universitas BSI Kampus Karawang, Universitas BSI Kampus BSD, Universitas BSI Kampus Sukabumi, Universitas BSI Kampus Tasikmalaya, Universitas BSI Kampus Tegal, Universitas BSI Kampus Purwokerto, Universitas BSI Kampus Yogyakarta, Universitas BSI Kampus Solo, dan Universitas BSI Kampus Pontianak.

Sementara itu, Hendra Supendar dalam materinya mengatakan, pembelajaran wawasan kebangsaan bertujuan membekali peserta dengan pemahaman wawasan kebangsaan (empat konsesus dasar bangsa), sehingga peserta memiliki pengetahuan terkait wawasan kebangsaan dalam menempuh pendidikan di perguruan tinggi (PT) dan pengabdian di lingkungan masyarakat.

“Wawasan kebangsaan menentukan cara bangsa mendayagunakan kondisi geografis negara, sejarah, sosio-budaya, ekonomi dan politik, serta Hankam dalam mencapai cita-cita dan menjamin tingnas,” katanya.

Ditambahkan, fenomena gerakan globalisasi ditandai gerakan penghilangan batas-batas antar-negara. Setiap individu mampu mengatur dirinya sendiri dalam berhubungan dengan siapa yang dikehendaki di seluruh dunia dan menentukan tindakannya, tanpa harus melalui institusi negara.(redaksi)

belajar Bina Sarana Informatika BSI Explore 2023 mahasiswa-mahasiswi masyarakat mitra guru pemberdayaan pemuda desa potensi desa Universitas BSI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts